Persaingan antara vendor smartphone Samsung dan Huawei seakan tak pernah usai. Baru-baru ini pecinta gadget tanah air disuguhkan dengan review antara Samsung Galaxy Note 10+Vs Huawei P30 Pro.

Tentu dari dua ponsel terbaik tersebut ada beberapa perbedaan, sehingga pecinta gadget tanah air tentu akan memberi banyak perdebatan.

Kini informasi dari dua ponsel besutan Samsung dan Huawei tersebut sudah menjadi jajaran ponsel terbaik saat ini. Maka dari itu akan kita ulas mengenai perbandingan antara Samsung seri Galaxy Note 10 dengan Huawei P30 Pro.

Samsung Galaxy Note 10+ Vs Huawei P30 Pro

Sebagai produk gadget yang masih baru, tentu Samsung dan Huawei menyematkan fitur berbeda dan canggih di setiap komponennya. Bagi pecinta gadget bisa dipastikan akan membandingkan beberapa standar spesifikasi dua ponsel pintar tersebut seperti pada informasi berikut ini.

Samsung Note 10 Plus vs Huawei P30 Pro.jpg
Samsung Note 10 Plus vs Huawei P30 Pro.jpg

Fitur Kamera

Kita masuk ke bagian sektor kamera utama yang mana pada dua seri smartphone ini sama-sama memberi 4 kamera atau quad kamera di belakang. Akan tetapi dari spesifikasinya terlihat berbeda. Pada Huawei P30 Pro sudah memberi kamera Leica 40MP f16 + 20MP f/2.2 + 8MP (Telefoto) ditambah lagi fitur ToF (Time of Flight).

Untuk memberi efek lebih baik, Huawei memberi 3D Camera. Sedangkan dari teknologi Huawei ToF Camera akan membuat hasil foto lebih tajam hingga bisa memfoto dalam kondisi rendah cahaya hingga membantu dalam efek blur dan portrait.

Sedangkan untuk seri Samsung Galaxy Note 10+ memberi kamera dengan konfigurasi lebih rendah yakni 12MP f/1.5-2.4 + 12MP f/2.1 + 16Mp f/22 + VGA f/1.4. Meskipun terlihat sangat berbeda, memang dari sisi resolusinya masih kalah dibandingkan Huawei. Maka dari itu dari sisi teknologi senso ToF di Note 10 Plus ini juga dianggap terlalu jadul dibandingkan fitur kamera Huawei.

Kamera Depan

Setelah tadi melihat di bagian kamera belakang, kini kiga bandingkan di sektor kamera depannya. Pada seri Huawei P30 Pro dianggap memberi spesifikasi lebih tinggi dengan resolusi 32Mp 2.0. Sedangkan dari seri Samsung Galaxy Note 10 Plus masih menggunakan resolusi 10MP f/2.2.

Meskipun dari resolusi kamera depan keduanya terbilang memiliki selisih cukup jauh, tetapi hasilnya memang masih cukup baik. Namun, pecinta gadget masih menganggap Huawei P30 Pro masih lebih baik dibandingkan seri Samsung Galaxy Note 10 Plus.

Samsung Galaxy Note 10+
Samsung Galaxy Note 10+

Hardware

Kemampuan dari hardware dan software dua ponsel pintar ini juga memiliki perbedaan. Keduanya sama-sama menggunakan akses chipset sendiri yang mana P30 Pro menghadirkan System On Chip Kirin 980, sedangkan Galaxy S10 Plus memberi akses Exynos 9820.

Kemudian pada aspek RAM seri P30 Pro memberi kapasitas 8GB saja, sedangkan dari seri Galaxy S10 Plus juga menghadirkan dua opsi yakni 8GB dan 12GB. Namun di sektor kapasitas ROM, pada seri Samsung masih memberi kapasitas cukup besar yakni 128Gb, 512Gb, dan 1TB, sedangkan dari seri Huawei P30 Pro hanya menghadirkan kapasitas 128Gb, 256Gb, dan 512Gb.

Samsung Galaxy S10 Plus juga dianggap lebih unggul dengan adanya fitur microSd berukuran 512GB, akan tetapi pada seri P30 Pro tidak dibekali fitur microSD. Kita bisa melihat kesamaan dari dua ponsel ini dimana sistem operasi yang digunakan masih menggunakan OS Android 9 Pie dengan user interface masing-masing pabrikan.

Sejauh ini Samsung menjadi satu vendor yang berani memberi akses ROM mencapai 1TB untuk sebuah smartphone canggihnya.

Samsung Galaxy Note 10 Plus
Samsung Galaxy Note 10 Plus

Desain Body

Kemungkinan besar desain dari dua ponsel pintar ini sama-sama keren dan mewah. Akan tetapi pada seri P30 Pro sudah dibekali panel layar OLED 6.47inchi, sedangkan dari Galaxy S10 Plus hanya dibekali panel Dynamic AMOLED berukuran 6.4inchi. Ukuran layarnya masih lebih lebar pada seri Huawei P30 Pro.

Sedangkan di bagian resolusinya, P30 Pro dianggap lebih rendah sebab memberi 2340 x 1080 pixels, sedangkan di bagian layar Samsung S10 Plus ini memberi akses resolusi layar mencapai 3040 x 1440 pixels. Jelas resolusi dan ketajamannya masih unggul seri Samsung Galaxy S10.

Menjadi satu keunggulan lainnya dari seri Galaxy S10 Plus yang mana memberi standar 522 PPI, sedangkan dari seri P30 Pro hanya mencapai 398PPI saja.

Desain bodi di bagian depan kedua ponsel juga terlihat berbeda. Terlihat seri Samsung Galaxy S10 Plus menghadirkan rancangan berbeda dengan menyembunyikan kamera depan. Sedangkan seri P30 Pro ini menempatkan kamera selfie dalam bentuk poni berukuran kecil.

Ukuran dimensi bodi pada seri Huawei P30 Pro mencapai 158mm x 73.4mm x 8.41mm, dengan berat 192gram, sedangkan pada seri Samsung Galaxy S10 Plus memiliki ukuran 157.6 x74.1 x7.8mm, dengan berat mencapai 175gram. Jadi bisa dikatakan genggaman dan kenyamanan masih berpihak di seri Samsung S10 Plus karena memang lebih ringan.

Baterai dan Pengisian Daya

Kita masuk ke sektor pengisian daya dan kapasitas baterai. Samsung Galaxy note 10+ ini masih dianggap lebih unggul karena dari kapasitas baterainya lebih besar yakni 4300mAh, sedangkan dari seri Huawei P30 Pro masih lebih kecil sedikit yakni 4200mAh.

Kita bisa bandingkan antara kemampuan pengisian baterai dengan dayanya. Seri Note 10 Plus bisa mencapai 45W, sedangkan P30 Pro hanya 40W saja. Tetapi kita masih belum tahu apakah seri Samsung Galaxy Note 10 Plus ini bebas dari masalah baterai atau tidak.

Mengenai fitur teknologi pengisian baterai kedua produk ini sama-sama menggunakan fitur pengisian daya lebh cepat. Untuk seri Huawei memberi akses Super Charge dan Qi Wireless Fast Charging, sedangkan dari Samsung juga memberi fitur Quick Charge 2.0 dan Qi Wireless Charging.

Jaringan dan Konektivitas

Untuk bagian konektivitas kemungkinan besar hampir sama karena bisa terhubung dengan jaringan 4G Lte, hingga menyediakan akses WiFi dan hotspot pribadi serta port USB dan lainnya. Namun bisa kita lihat di sektor jaringannya.

Samsung Galaxy Note 10 Plus vs Huawei P30 Pro
Samsung Galaxy Note 10 Plus vs Huawei P30 Pro

Perbandingan Harga

Kita bisa melihat sektor harga kedua ponsel canggih ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Huawei P30 Pro masih dibanderol sekitar 16 jutaan untuk kapasitas Rom 128GB, sedangkan untuk Samsung Galaxy S10 Plus dibanderol mencapai 13 jutaan dengan RAM 8Gb dan Rom 128Gb.

Jadi sama-sama memberi harga yang cukup tinggi, namun di seri Huawei P30 Pro masih lebih tinggi dibandingkan seri Samsung Galaxy S10 Plus.

Harga tertinggi dari Samsung Galaxy S10 Plus bisa mencapai 23,9 jutaan, sedangkan di seri Huawei P30 Pro mencapai 20 jutaan untuk memori 512Gb.

CONCLUSION

Perbandingan Samsung Galaxy Note 10+ Vs Huawei P30 Pro ternyata memberi gambaran kepada pecinta gadget mengenai teknologi hingga harganya.

Kesimpulannya bisa kita lihat bahwa sektor kamera masih unggul di seri Huawei P30 Pro, sedangkan pada akses hardware masih berimbang, dan fitur resolusi layarnya masih unggul di seri Galaxy Note 10+.

Jadi sampai sekarang kedua ponsel tersebut masih menjadi perdebatan karena sama-sama menghadirkan spesifikasi yang keren dan canggih.

Kalau anda pilih yang mana?

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Kelibat Si Penyair Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Kelibat Si Penyair
Kelibat Si Penyair

Ape yg saya nampak daily u tube p30 pro banyak menyerlah… Samsung s10 plus sampai note 10 Plus dh banyak org jual atau swap selepas pakai seminggu dan beberapa bulan…saya pakai p30 pro sajer offer swap note 10 plus ade yg nk swap suka sama suka…tapi sya kaji knpe die nk swap… Baru saya paham… Dengan battery drain Samsung cepat habis sekitar on time gaming jer bertahan 6 jam 12 minit.. S10 plus pulak lagi tahan dari note 10 Plus… P30 pro 7 jam 21 minit on time gaming tahan setakat ni… Camera zoom sampai ke bulan.. Puas hati…samsung ni… Read more »