Microsoft secara resmi memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka, Windows 10X. Sistem operasi ini khusus untuk disematkan dalam perangkat layar lipat atau layar ganda. Apa itu Windows 10X?

Lalu apa saja kelebihannya? Simak ulasan berikut.

Windows 10X

Apa itu Windows 10X, Apakah Merupakan Windows Lite.

Sebelum dinamakan Windows 10X, Microsoft menyebutnya dengan nama Windows Lite. Windows 10X hanya dapat diinstal pada PC Dual Screen. Artinya Anda tidak dapat menginstalnya pada PC tradisional. Pihak Microsoft pun telah menegaskan dengan kalimat “not an upgrade if you already own a PC.”

Windows 10X akan disematkan pada perangkat seperti pada Microsoft Surface Neo yang akan dirilis pada 2020 mendatang.

Selain itu juga akan menyusul dirilis pada perangkat serupa dalam merk Dell, Lenovo, ASUS dan HP.

Menariknya, perangkat Windows 10X hadir dalam berbagai ukuran. Windows 10X akan dapat beradaptasi sesuai dimensi dan residu layar berbeda.

Windows 10X diklaim sebagai yang terbaik, lebih dari Windows 10 yang dikenal dan dicintai pelanggan.

Pemakaian Windows 10X dapat mengoptimalkan perangkat dual screen baru, termasuk pada touchscreen, Gesture Drag n Drop dan lain sebagainya.

Selain itu Windows 10X membawa start menu yang lebih minimalis dibandingkan Windows 10 biasa.

Windows 10X juga memiliki keunggulan pada penggunaan baterai dengan masa pakai lebih lama. Masa pakai baterai ini penting sebab perangkat tidak hanya menjalankan satu layar, akan tetapi dua layar sekaligus.

Dengan demikian diharapkan dapat memberikan kinerja perangkat keras dan kompatibilitas bagi penggunanya.

Keunggulan Windows 10X masih terus dikembangkan. Sebab pihak Microsoft masih akan mengupgrade dan melakukan  perbaikan pada Windows 10 sebelum diluncurkan.

Gelombang pertama perangkat Windows 10X ini akan hadir dalam berbagai variasi ukuran, desain, spesifikasi, dan didukung oleh Intel.

Dari segi tampilan, Windows 10X hadir dengan tampilan menu start segar. Microsoft meninggalkan gaya Live Tiles. Pengguna akan disuguhkan pengalaman unik  dalam penggunaan layar ganda multi postur.

Tampilan baru tersebut tidak lantas akan membuat Anda kesulitan. Sebab Microsoft berjanji tampilan microsoft 10X tidak akan membuat penggunanya belajar kembali untuk menggunakan OS terbaru ini.

Hanya satu hal yang perlu dipelajari pengguna yakni bagaimana cara mengoperasikan perangkat dua layar.

Hal ini tidak akan mudah di awal penggunaan, pengguna harus menyesuaikan cara kerja tersebut. Bagaimana saat harus berganti dari keyboard terintegrasi di layar ke keyboard eksternal.

Jadi apakah sudah cukup mengenal apa itu windows 10X?

Windows 10X Bukan Penerus Windows 10

Nama Windows 10X bukan tidak mungkin akan dikaitkan dengan Windows 10. Sama- sama sistem operasi yang dirilis Microsoft dan memiliki penamaan yang hampir sama, Windows 10X mungkin dikatakan sebagai penerus sistem operasi Windows 10 yang telah lebih dulu hadir.

Namun ternyata Windows 10X sama sekali penerus Windows 10. Apa itu Windows 10x, ternyata keduanya merupakan sistem operasi yang berbeda.

Sebab memiliki perbedaan mendasar yang membuat keduanya tidak bisa disamakan. Meskipun secara pendekatan teknis pembuatan Windows 10X mengacu pada Windows 10.

Windows 10 sendiri saat ini dapat ditemui digunakan pada perangkat komputer desktop dan laptop. Sementara Windows 10X  dibuat khusus untuk perangkat komputer mobile.

Misalnya pada tablet atau laptop dengan layar ganda. Bisa dikatakan Windows 10X merupakan OS tambahan mendukung layar ganda.

Sistem operasi Windows 10X dirancang untuk komputer layar ganda baru dan bukan sebagai peningkatan OS.

Microsoft meyakinkan untuk terus berinvestasi meningkatkan pengalaman pengguna Windows 10 di desktop dan laptop. Namun Windows 10X hadir sebagai kelas PC baru yang memungkinkan menjadi pengalaman baru untuk pengguna.

Keduanya akan Saling melengkapi dan hidup berdampingan antara PC layar ganda menggunakan Windows 10X dengan PC Windows 10 saat ini.

Secara Navigasi dan fungsionalitas PC, sistem operasi Windows 10X terasa seperti anggota keluarga Windows 10.

Akan tetapi Windows 10X menyertakan pembaruan teknologi inti Windows yang tampil optimal, untuk postur fleksibel dan lebih banyak menggunakan ponsel.

Semakin terlihat bahwa sistem operasi Windows 10X bukan pembaruan Windows 10 karena Microsoft tidak akan menghapus jajaran sistem operasi lama. Microsoft tetap menggunakan Windows 10 untuk mengembangkan OS lainnya.

Hal tersebut untuk memberikan kinerja perangkat keras dan kompatibilitas pengguna dari Windows 10 ke Windows 10X. Misalkan membangun sistem operasi untuk PC desktop dan HoloLens akan tetap menggunakan basis teknologi sistem operasi Windows 10.

Mungkin Anda kurang akrab dengan ide baru ini. Bagaimana seperangkat teknologi hadir bersama di Windows 10, membuka kunci perangkat sebagai jalan ke spektrum secara menyeluruh. Teknologi yang disebut Microsoft sebagai satu inti teknologi bersama. 

Namun hal inilah yang membuat Windows 10X dapat bergabung dengan keluarga Windows 10. Pola keluarga ini dibangun di atas investasi terbaru dalam teknologi bersama sebagai teknologi terbaru. Nantinya pola ini akan diterapkan guna menjalankan aplikasi Win32.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of