Aplikasi web browser pertama kali ditanamkan pada PC atau komputer, tidak untuk peramban dari perangkat mobile phone. Web browser tersebut mulai diluncurkan saat internet mulai dimanfaatkan hingga semakin maju seperti sekarang ini. Semakin beragamnya jenis browser membuat Anda harus memilih salah satu aplikasi browser windows terbaik.

Windows merupakan sistem operasi yang mudah dan bisa diterapkan pada berbagai versi PC. Perangkat lunak ini sangat populer karena cukup ramah untuk semua tipe PC hingga kini. Untuk terhubung dengan internet dan melakukan aktivitas secara online Anda perlu mencari aplikasi browser yang cocok atau compatible pada Windows.

Browser Windows Terbaik, Ringan dan Cepat

Windows terdiri dari berbagai versi, namun software tersebut selalu mengalami pembaruan hingga versi terbarunya yakni Windows 10. Setiap versi tersedia dalam beberapa jenis dan kapasitas. Anda perlu mengetahuinya agar menemukan web browser yang benar-benar tepat.

Tetapi ada juga aplikasi web browser yang mudah digunakan dan compatible untuk berbagai versi windows. Seperti pada ketujuh poin di bawah ini, yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda yang sedang memilih web browser windows terbaik.

Google Chrome

Software berupa web browser yang cocok untuk dipasang pada semua sistem operasi Windows adalah Google Chrome. Software bawaan Google ini pertama kali hadir dengan fitur yang sangat canggih setelah Mozilla Firefox yang sebelumnya populer. Chrome kini berada di peringkat tertinggi paling populer setara dengan Firefox.

Tidak hanya pada PC, Chrome juga dapat dipasang di berbagai perangkat dengan versi yang beragam. Mulai dari Android, Mac Os, Linux, dan juga Windows. Semua kompatibel dengan software Chrome karena fiturnya canggih dan lengkap. Chrome tidak memerlukan banyak ruang untuk dipasang pada sistem Windows.

Aplikasi ini juga mampu menyesuaikan dengan berbagai versi Windows mulai dari yang terlama hingga terbaru. Beberapa versi Chrome juga selalu diperbarui seiring dengan meningkatnya versi Windows. Fiturnya cukup mudah dioperasikan oleh semua pengguna, serta menghadirkan keamanan yang efektif.

Kelebihan Chrome, antara lain dapat dioperasikan dengan jaringan internet yang lemah. Anda dapat memasang Adblock pada ekstensi Adds on untuk membebaskan dari iklan yang cukup mengganggu. Ada fitur incognito Windows yang membuat pencarian lebih aman dan rahasia.

Opera

Opera Browser
Opera Browser

Web browser satu ini juga dapat dipasang di beragam perangkat, salah satunya pada Windows. Opera memiliki beberapa versi terbaru yang kecanggihan fiturnya semakin meningkat. Ada beberapa versi Opera yang kurang kompatibel jika dipasang pada versi windows tertentu.

Opera memiliki kelebihan yang tidak jauh berbeda dengan Chrome maupun Firefox. Menyediakan beragam fitur seperti tema, incognito windows, dan bebas dari iklan. Kecepatan browsing perangkat ini juga tidak kalah dengan browser lainnya yang sama-sama populer.

Mozilla Firefox

Browser Mozilla Firefox
Browser Mozilla Firefox

Web browser yang telah popularitasnya meningkat beberapa tahun silam sejak masa Windows XP masih banyak digunakan di komputer. Mozilla Firefox hadir dengan beragam fitur canggih yang mampu menggeser popularitas internet explorer. Kinerjanya juga lebih cepat dan menjadi web browser aman bagi para pengguna.

Sama seperti Chrome, Mozilla Firefox juga memiliki fitur adds on yang membuat Anda dapat menerapkan beberapa pengaturan. Seperti perlindungan web yang aman dari iklan, malware, atau virus. Mozilla dapat memblokir otomatisberbagai kiriman spam dan malware yang tersebar melalui media sosial.

Microsoft Edge

Browser Microsoft Edge
Browser Microsoft Edge

Anda yang memiliki windows versi lama seperti XP, dan sebagainya tentu mengenal web browser Internet Explorer. Versi terbaru dari web browser tersebut yakni Microsoft Edge yang biasanya dihadirkan sekaligus saat instalasi ulang Windows. Software ini kompatibel dengan windows versi terbaru seperti Windows 10.

Microsoft Edge memiliki fitur yang cukup canggih dan menarik. Antara lain kemampuannya dalam memblokir iklan, akses otomatis ke bookmark. Jika Anda ingin melakukan aktivitas browsing dengan lancar dan aman dari serangan virus atau malware. Sebaiknya pasang dan gunakan Microsoft Edge agar pencarian lebih aman.

UC Browser

UC Browser
UC Browser

UC browser tidak hanya populer sebagai aplikasi pada perangkat Android saja. Software ini merupakan salah satu rujukan para pengguna internet di seluruh dunia. Kecepatannya sudah tidak diragukan lagi, meskipun akses ke jaringan cukup terbatas.

Fitur UC Browser tidak kalah menarik dari software populer seperti Chrome maupun Mozilla Firefox. Software ini menyediakan fitur berupa incognito Windows, berita yang khusus dikeluarkan oleh UC browser, yakni UC media. Keamanan dari malware virus, dan pemblokiran iklam secara otomatis

Apabila Anda menginginkan fitur download cepat dan praktis tanpa software tambahan bisa memilih UC browser. Anda juga bisa menikmati layanan seperti data compression, cloud sync, yang memungkinkan file data di PC disimpan dengan aman.

Internet Explorer

Internet Explorer
Internet Explorer

Software yang dulu sangat populer untuk menjadi media penghubung aktivitas online yakni Internet Explorer. Software ini biasanya dipasang sekaligus saat instalasi Windows atau sistem operasi lainnya. Dianggap dapat mengamankan file dari serangan virus atau malware, software ini layak untuk Anda gunakan.

Internet Explorer merupakan versi lama Microsoft Edge yang bisa diterapkan pada Windows versi lama, seperti Windows XP, 7, 8, dan sebagainya. Software bawaan Microsoft ini cukup unggul dalam melakukan pencarian secara cepat dengan jaringan internet minim. Anda juga bisa membuka file pdf menggunakan fitur pada Internet Explorer.

Waterfox

Browser Waterfox
Browser Waterfox

Salah satu browser yang tidak populer di telinga banyak pengguna Windows di seluruh dunia adalah Waterfox. Software ini memiliki beragam kelebihan dari fitur-fitur yang dikembangkannya. Namun, tidak banyak orang mengetahui hal tersebut karena popularitasnya tidak sebanding dengan Chrome atau Mozilla.

Para pengguna yang mengenal fitur terbaiknya tentu lebih memilih untuk memasang Waterfox di PCnya. Karena tidak kalah canggih dengan software populer. Hal itu dibuktikan bahwa waterfox telah diunduh oleh pengguna sebanyak 3 juta kali.

Jika Anda mengetahui bentuk iconnya tentu mengingatkan pada Mozilla Firefox karena hampir mirip. Keduanya merupakan bawaan dari Firefox sehingga fiturnya pun hampir setara meski salah satu tidak cukup populer. Anda bisa memasang software ini untuk Windows berbagai versi, namun hanya kompatibel pada Windows 64 bit.

CONCLUSION

Informasi pada ketujuh poin di atas perlu dijadikan rekomendasi tepat untuk memilih browser Windows terbaik. Jangan asal pilih, karena dapat mengancam keamanan data serta keselamatan PC Anda dari malware dan virus berbahaya. Pilih salah satu yang sesuai dengan versi Windows Anda agar tidak terjadi eror pada saat beraktivitas online.

Anda bisa memilih Web Browser yang kompatibel pada berbagai versi sistem operasi dan tipe Windows. Hal itu memudahkan Anda untuk mengurangi risiko eror dan kerusakan pada sistem operasi yang membahayakan PC dan file penting milik Anda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of