Saat bekerja dengan seabrek sheet di Excel pastinya sangat menjengkelkan kalau sampai tidak bisa move / copy sheet Excel baik itu meng-copy di file yang sama ataupun ke file lain yang disebabkan karena adanya Name Conflict. Bagaimana cara mengatasinya?

Peringatan Name Conflict biasanya ditandai dengan pesan “The name __yADsp7 Already Exists. Click Yes to use that version of the name, or click No to rename the version of ‘__yADsp7’ you’re moving or copying.” yang tentunya sangat menjengkelkan.

Biasanya kita mengatasinya dengan klik tombol Yes berkali – kali sampai sheet Excel tersebut bisa ter-copy. Kalau cuma klik beberapa kali sih tidak masalah, tapi kalau sudah ratusan atau bahkan ribuan kali klik atau enter, tentunya jari bisa keriting dan mouse atau keyboard kita jadi jebol karenanya.

Kalau peringatan yang muncul masih ada opsi Yes to All seperti gambar di bawah ini, tentunya masih sangat membantu kita yang sedang berpacu dengan sang waktu.

Name Conflict Tidak Bisa Move Copy Sheet
Name Conflict Menyebabkan Tidak Bisa Move / Copy Sheet

Tapi seringnya peringatan yang muncul tuh cuma ada dua pilihan, Yes dan No, dan manapun tombol yang di klik sama saja, dimana sama – sama menjengkelkan.

Karena itu disini saya ingin berbagi cara untuk mengatasi masalah tidak bisa move / copy sheet di Excel gara – gara adanya Name Conflict.

Cara Mengatasi Move / Copy Sheet Error di Excel

Sampai sekarang saya selalu menggunakan cara ini untuk mengatasi copy sheet error di Excel, dan selalu berhasil.

Berikut ini langkah – langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi error di Excel tersebut.

  1. Buka File Excel

    Yang pertama, buka file Excel yang bermasalah dengan Name Conflict tersebut

  2. Buka Name Manager

    Setelah file Excel yang bermasalah tersebut terbuka, klik tab Formula yang dilanjutkan dengan klik Name Manager.

    Menu Name Manager

  3. Filter Name Error

    Filter data Name yang error dengan cara klik menu Filter lalu klik Names with Errors seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

    Filter Name Error

  4. Pilih Data Yang Error

    Pilih semua data yang error tersebut. Karena kombinasi tombol keyboard Ctrl + A tidak bisa digunakan, maka cara mudahnya klik data paling atas, kemudian tekan dan tahan tombol shift, dilanjutkan dengan tekan tombol end di keybooard.

    Pemilihan Data Yang Error

  5. Klik Delete

    Setelah semua data yang error terpilih, klik tombol Delete. Kalau muncul notifikasi Are you sure you want to delete the selected names? Klik tombol OK.

    Tombol Delete di Name Manager

  6. Klik tombol Close

    Tunggu sampai proses selesai. Mungkin excel akan menjadi not responding kalau data Name error-nya banyak. Tapi jangan buru – buru anda tutup, ditunggu saja sampai proses selesai. Kalau proses penghapusan sudah selesai yang ditandai dengan data Name Error sudah kosong, selanjutnya klik tombol Close.

    Tombol Close Name Manager Excel

  7. Masuk ke Visual Basic for Applications

    Selanjutnya masuk ke Visual Basic for Applications dengan cara tekan kombinasi tombol Alt + F11 di keyboard anda. Dan tampilan Visual Basic akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.

    Visual Basic Excel

  8. Buat script Visual Basic

    Setelah itu buat script Visual Basic dengan cara ketik script For Each n In ActiveWorkbook.Names : n.Delete : Next n di kolom Immediate seperti yang ditunjukkan di gambar berikut ini.

    Script Visual Basic Excel

  9. Tekan Enter

    Kemudian tekan tombol Enter di keyboard, dan Visual Basic akan mulai menginisiasi script code yang anda masukkan.

  10. Save Script VB

    Waktu yang dibutuhkan oleh Visual Basic untuk mengeksekusi Name Error tergantung sama berapa banyak data Name error yang ada di file Excel tersebut. Tunggu saja, dan kalau sudah selesai langkah berikutnya klik tombol Save untuk menyimpan script tersebut di file Excel anda.

    Tombol Save Script Visual Basic Excel

  11. Save Dokumen Excel

    Langkah terakhir, simpan file dokumen Excel tersebut dengan menekan tombol Ctrl + S dari keyboard anda.

Final Words

Setelah anda melakukan langkah – langkah di atas, maka anda bisa melakukan move atau copy sheet di file Excel tersebut maupun ke file lain dengan bebas tanpa terganggu dengan peringatan yang menyebalkan.

Semoga cara mengatasi tidak bisa move atau copy file Excel dari infomastah.com bisa membantu pekerjaan dan produktifitas anda dalam menggunakan Microsoft Excel.

Jangan lupa di share ke teman lainnya yah Sob, See you next time!!!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of