Mengakses WiFi public memang sangat menyenangkan. Selain gratis, terkadang koneksinya pun lebih kencang jika dibandingkan dengan koneksi dari provider jaringan yang kita miliki. Sudah pasti kita pun akan tergiur menggunakannya.

Tapi apakah anda tau kalau menggunakan WiFi public apalagi yang gratisan itu sangat rawan terjadi pencurian data?

So, supaya data – data anda tidak diretas oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab saat mengakses wifi public, tips dasar berikut ini bisa anda terapkan agar anda tetap aman saat menggunakan WiFi public.

Cara Aman Dalam Mengakses WiFi Public

1. Koneksi Secara Manual

Tips pertama adalah pastikan bahwa anda harus memilih jaringan WiFi yang akan digunakan secara manual, baik itu di tablet, laptop atau ponsel, dan sebisa mungkin jangan hubungkan jaringan WiFi secara otomatis.

Setelah selesai menggunakan WiFi public, anda juga perlu memastikan kalau pilihan lupa jaringan atau forget network sudah anda lakukan. Hal tersebut bertujuan supaya Wifi tidak terkoneksi otomatis saat anda kembali ke tempat tersebut.

Kenapa koneksi secara otomatis berbahaya?

Karena koneksi tersebut mengeliminir beberapa tahapan autentikasi yang bisa membuka celah keamanan di perangkat anda.

Karena itu selalu pastikan koneksi otomatis hanya anda terapkan pada koneksi WiFi yang terpercaya.

2. Pastikan Web Address Menggunakan HTTPS

Pastikan bahwa halaman suatu web yang anda kunjungi sudah terenkripsi menggunakan protokol HTTPS. Untuk mengetahuinya, cukup perhatikan pada bagian address bar browser yang anda gunakan.

Kalau ada tanda gembok tertutup dan di awal URL tertulis https://, maka situs web yang anda kunjungi sudah menggunakan protokol yang terenkripsi dan memiliki beberapa sertifikat digital yang valid.

Sertifikat SSL atau TLS tersebut berfungsi untuk mengenkripsi data komunikasi antara perangkat anda dengan website tersebut, sehingga bisa meminimalisir Man in the Middle Attack yang sudah maupun yang akan terjadi.

3. Gunakan Keamanan Tambahan

Ada banyak jenis keamanan tambahan untuk bisa memastikan bahwa jaringan Anda tetap dalam kondisi aman seperti menggunakan Tor Browser, VPN dan juga DoNotTrack.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan software Internet Security dari Kaspersky, Bitdefender, Eset, ataupun yang lainnya sebagai pengaman tambahan di perangkat anda.

Mengenai soal masalah keamanan wifi public, Anda juga mungkin akan menemukan beberapa ekstensi yang sangat berguna untuk memaksa jaringan Anda terenkripsi oleh suatu situs web yang tidak bisa dilakukan langkah enkripsi secara default.

4. Hindari Mengakses Informasi Sensitif

Wifi public tidak seharusnya digunakan untuk mengakses email, transaksi perbankan secara online dan juga mengakses akun kartu kredit atau jenis informasi sensitif yang lainnya.

Hal – hal sensitif semacam itu harusnya dilakukan di rumah dimana akses internet akan jauh lebih aman.

Jika kemudian Anda ingin mengakses berbagai informasi secara sensitif semacam itu di ruang public, ada baiknya untuk Anda menggunakan data seluler Anda sendiri.

Namun jika anda tetap membutuhkan koneksi WiFi public dalam mengakses informasi sensitif, pastikan anda menggunakan berbagai keamanan tambahan pada perangkat anda seperti dijelaskan pada poin di atas, terutama software Internet Security telah terinstal di perangkat tersebut.

CONCLUSION

Demikian tips dasar agar koneksi anda saat menggunakan WiFi public lebih aman dari tangan – tangan jahil yang ingin menyadap dan mencuri data pribadi anda.

Memang terkesan ribet, tapi tentunya akan lebih ribet lagi kalau perangkat kita diretas, disusupi oleh virus, ataupun data penting kita jatuh ke pihak yang salah.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

See you next time sob!!!

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of