Cara Mencegah HP di Hack Secara Mudah

Cara Mudah Mencegah HP di Hack

Anda pastinya juga setuju sekali, bahwa di zaman yang semakin modern dan canggih seperti sekarang, dengan perangkat sebesar telapak tangan, Anda sudah bisa melakukan banyak hal yang mungkin saja dulu bahkan tak perlu Anda pikirkan sama sekali.

Mulai dari hanya sebatas menelepon, berkirim pesan singkat atau SMS, hingga urusan mentransfer uang ke keluarga di lain daerah.

Tetapi seiring dengan berkembangannya zaman, ternyata ancaman terhadap kemudahan tersebut juga semakin ada banyak pula.

Ya, sekarang sudah semakin banyak orang – orang yang tak bertanggung jawab ingin mencuri informasi dari HP yang Anda miliki tersebut.

Atas dasar itulah pada kesempatan yang baik kali ini akan kami informasikan kepada Anda tentang cara mencegahnya. Ikuti terus yuk, tips mencegah HP di hack dengan cara yang mudah berikut ini.

Cara Mencegah HP di Hack

Menghindari menggunakan koneksi WiFi umum

Cara mencegah HP di hack pertama yang bisa Anda coba terapkan adalah dengan menghindari menggunakan WiFi di tempat umum, seperti di kafe, taman atau yang lainnya.

Menggunakan WiFi di tempat umum memang asyik sekali, tetapi tahukah Anda bahwa ternyata di dalamnya tersembunyi berbagai ancaman cukup serius yang bisa menyelinap ke dalam HP Anda.

Contohnya seperti pencurian data – data pribadi dan rekening yang tersimpan di HP-mu.

Jadi, usahakan untuk tidak membuka rekening bank atau email disaat menggunakan koneksi WiFi umum.

Mematikan Bluetooth di HP

Ingat, di sini Anda juga tidak boleh menyalakan koneksi Bluetooth di HP-mu secara terus menerus. Karena hacker ternyata juga bisa sisipkan berbagai macam benda – benda jahat lewat fitur di HP Anda tersebut.

Mulai dari hanya sebatas spam biasa hingga trojan yang dapat merekam segala aktifitas yang Anda lakukan di HP Anda tersebut.

Hindari menyimpan password penting di HP

Menyimpan password, baik itu password email, bank, atau yang lainnya di device HP memang bisa membuat hidup Anda jadi lebih mudah.

Sebab, bisa semakin mempersingkat proses ketika Anda membuka akun media sosial atau pun situs lain.

Tetapi demikian harus selalu diingat bahwa yang demikian tersebut merupakan tindakan yang kurang aman, karena orang lain bisa saja mencurinya.

Rutin membackup file atau data penting Anda

Tips mencegah hape di hack lainnya adalah membuat backup secara berkala dan rutin.

Ini merupakan salah satu tindakan yang penting sekali agar Anda tidak kehilangan barang – barang penting di HP.

Menghindari menyimpan file atau data di HP

Anda memang sudah seharusnya tidak menyimpan file atau data penting di HP maupun SD Card.

Mengingat device satu ini sifatnya mobile dan rentan sekali hilang. Jika terpaksa, Anda harus mengunci file tersebut menggunakan aplikasi pengaman.

Menghapus history internet Anda

Ingat, Anda disarankan sekali untuk tidak menyepelekan cara atau tips cegah HP di hack yang berikut ini.

Masing – masing website yang Anda buka tentu akan terekam di history dari browser yang Anda pakai.

Tidak hanya itu saja, ia juga akan simpan cookie dan cache secara berkala. Agar data – data Anda lebih aman, jangan lupa untuk selalu menghapusnya secara rutin.

Mengunci aplikasi yang ada di HP-mu

Terutama untuk beberapa aplikasi yang sifatnya sensitif, seperti aplikasi chatting dan ebanking, sangat disarankan sekali untuk memberikan proteksi lebih.

Sseperti halnya dengan mengunci aplikasi tersebut dengan PIN, Password, dan lain – lain. Ini merupakan langkah lebih lanjut untuk menjaga identitas Anda agar tidak mudah dibobol oleh orang lain.

Demikian informasi singkat yang bisa kami bagikan tentang cara mencegah HP di hack melalui Bluetooth dan WiFi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
151