Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Ada beberapa alasan yang timbul sebagai penyebab mengapa layar sentuh HP atau tablet tidak berfungsi sebagian. 

Beberapa penyebabnya yaitu perangkat yang terlalu sering terjatuh dari ketinggian, perangkat yang terkena air sebagian, perangkat yang sering tertimpa oleh benda yang lebih berat dan berbagai alasan yang lainnya.

Memang kita akui bahwa setiap vendor yang mendesain perangkat elektronik dengan layar sentuh, mereka akan sangat memperhatikan struktur pemasangannya agar tidak mudah rusak.

Namun suatu perangkat elektronik tetaplah suatu perangkat elektronik. Bisa rusak kapan saja pastinya.

Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian
Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Karena itu jika layar sentuh perangkat Anda mengalami masalah, maka Anda harus segera mencari solusinya.

Lantas bagaimana cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi sebagian?

Berikut saya akan berbagi informasi sederhananya untuk Anda, mungkin bisa di katakan sebagai first aid pada layar sentuh anda.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian  

1.  Bersihkan dulu di bagian layarnya

Pertama – tama Anda gunakan cara basic terlebih dahulu. Silahkan saja Anda bersihkan bagian layar HP Anda. Caranya yaitu bisa dengan Anda gunakan tisu. Kemudian lap sampai benar – benar bersih.

Sedikit informasi saja bahwa terkadang di bagian layar sering terdapat kotoran yang tidak terlihat menempel dan hal ini dapat mengganggu fungsi dari layar perangkat Anda yang menggunakan layar sentuh.

Minyak dari tangan juga akan sangat berpengaruh. Anda juga dapat mencoba melepaskan screen protector jika belum berhasil.

2.  Gantilah charger perangkat Anda

Jika layar sentuh pada perangkat Anda tidak dapat digunakan dan tidak berfungsi sebagian ketika Anda sedang charge, maka ada kemungkinan charger yang Anda pakai mengalami masalah.

Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian
Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Percaya atau tidak, Anda harus sadar bahwa penggunaan charger yang tidak tepat dapat berpotensi menghilangkan respon dari sebagian perangkat.

Mengapa hal ini terjadi?

Hal ini terjadi karena disebabkan oleh tegangan charger yang tidak tepat dan biasanya terlalu tinggi.

Sebagai contoh, Anda menggunakan charger bukan bawaan dari perangkat Anda. Ketika Anda pakai charging memang baterai akan terisi.

Namun sadar atau tidak Anda akan mengalami masalah baterai yang terisi lebih cepat kemudian cepat habis atau baterai yang sulit terisi sampai penuh.

Inilah salah satu komplikasinya ketika menggunakan charger yang bukan bawaan dari perangkat.

Selain itu layar perangkat yang tidak terbiasa dengan charger tersebut juga akan memberikan respon enggan untuk diperintah sehingga seolah – olah layar sentuhnya dalam kondisi tidak berfungsi sebagian.

Namun touchscreen yang mengalami eror karena masalah charger bukan masalah jangka panjang. Ini merupakan sebuah masalah jangka pendek.

Jangka panjangnya bisa – bisa baterai HP Anda rusak yang menjadi penyebab HP suka mati sendiri bahkan mengalami masalah mati total.

3.  Matikan HP Anda sementara waktu

Mematikan HP disini tujuannya adalah untuk mereset dan ditujukan untuk HP yang sering mengalami panas berlebih.

Panas ini tentu akan berhubungan dengan layar sentuh. Beberapa layar HP android ada yang memang sensitive atas suatu suhu HP.

Jika suhunya terlalu panas, terkadang sebagian permukaan layar tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

4.  Gantilah touchscreen layar sentuh perangkat Anda

Poin yang terakhir ini merupakan suatu poin yang ditujukan untuk memperbaiki layar sentuh HP yang tidak berfungsi sebagian jika Anda sudah mengikuti beberapa cara diatas namun yang Anda dapatkan masih juga tidak berhasil.

Memang tak ada cara lain lagi selain Anda mengganti touchscreen dan itu Anda perlukan jika memang layar sentuhnya rusak.

Suatu kondisi kerusakan fisik seperti halnya layar pecah didalam atau di luar, layar yang berada dalam kondisi retak dan lainnya terkadang ada yang memberikan pengaruh pada layar. Namun terkadang juga tidak.

Akan tetapi jika memang Anda mendapati layar pada perangkat Anda tidak dapat disentuh sebagian, mau tidak mau memang Anda harus mengganti touchscreennya. Namun untuk menerapkan cara ini Anda perlu biaya.

Berapakah biaya yang Anda harus keluarkan?

Biaya untuk mengganti touchscreen layar sentuh sangat bervariasi. Tergantung atas merk dan model HP yang mengalami kerusakan. Mungkin harganya kurang lebih sekitar 300 ribu rupiah sampai dengan 500 ribu rupiah.

Harga tersebut memang berbeda tergantung juga atas kualitas layar sentuh yang baru tersebut karena pada hakikatnya harganya antara merk layar sentuh yang satu dengan merek layar sentuh yang lain jelas berbeda.

Semakin mahal harganya maka kualitasnya juga semakin baik.

Namun jika Anda masih belum punya dana untuk mengganti layar sentuh perangkat dan ingin alternatif lain, disini kami akan berikan ide alternatif lain untuk Anda.

Tips Alternatif Sementara

1.  Gunakan mouse sebagai pointer sementara

Bagi Anda yang masih awam, sebenarnya android bisa dipakai dengan menggunakan mouse komputer. Hanya saja tak banyak orang yang tahu akan hal ini.

Akan tetapi karena sebuah mouse komputer bentuknya kabel USB, jika digunakan pada perangkat HP yang layar sentuhnya rusak, Anda harus beli kabel OTG lebih dulu.

Kabel OTG ini fungsinya adalah untuk menjadi converter atau perubah supaya kabel USB bisa dicolok ke bagian port HP Anda yang notabenenya memiliki ukuran cukup kecil.

Kalau sudah Anda colok, Anda akan menemui cursor yang dapat Anda gerakkan dan klik. Silahkan Anda gunakan mouse ini untuk menggunakan HP atau perangkat yang layar sentuhnya rusak sebagian.

Selain mouse, Anda juga bisa menyambungkan perangkat yang lain seperti halnya joystick, keyboard, sampai dengan kabel MIDI.

2.  Mengubah ukuran layar

Ya, memang benar bahwa ini bukan suatu perbaikan. Namun menjadi suatu trik agar perangkat yang layar sentuhnya rusak masih bisa dipakai walau dalam kondisi yang terbatas.

Atau lebih tepatnya menghindari terjadinya dead spot dari bagian layar yang mengalami error.

Cara mengubah ukuran layarnya cukup mudah, yaitu :

  • Silahkan Anda menuju ke bagian setting
  • Geser ke bawah dan pilih about phone
  • Klik build number selama berkali – kali hingga Anda pastikan muncul pesan opsi developer telah diaktifkan.
  • Klik back dan kemudian masuk ke bagian developer options atau opsi developer
  • Selanjutnya Anda scroll ke bawah.
  • Nantinya Anda akan menemukan suatu opsi smalles width atau lebar terkecil
  • Nah, Anda dapat memperkecil atau memperbesar ukuran dari tampilan layar.
  • Anda bisa memperkecil atau melakukan perbesaran ukuran tampilan layar tergantung juga atas kebutuhan Anda dan tergantung dimana posisi touchscreen yang tidak bisa disentuh tersebut.

Final Words

Itulah bagaimana cara mengatasi layar sentuh tidak berfungsi sebagian yang Anda bisa terapkan. Jika memang masih bisa diatasi, jangan dulu ganti layar sentuhnya.

Akan tetapi jika memang layar sentuh suatu perangkat tersebut tidak bisa di oprek dan di otak atik dengan berbagai alternatif cara diatas, maka Anda harus segera bawa ke tukang servis dan menggantinya.

Mengganti sendiri juga boleh karena sekarang juga sudah banyak tutorialnya di youtube.

Akan tetapi tentu resiko harus Anda tanggung sendiri karena kesalahan pemasangan bisa menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada layar sentuh Anda. 

Comment Time!!

avatar
  Subscribe  
Notify of
177