Tips Mengatasi HP Cepat Panas yang Mudah

Tips Mudah Untuk Mengatasi HP Yang Cepat Panas

Masalah paling umum yang bisa memperpendek umur HP Anda adalah mudahnya barang tersebut menjadi panas. HP yang panas tidak hanya membuat Anda tidak nyaman lagi saat ingin mengoperasikannya sebab tangan terasa panas, tetapi yang demikian ini juga bisa membuat HP Anda rusak kalau dibiarkan begitu saja.

Ada banyak hal yang menyebabkan HP Anda mudah panas.

Diantaranya yaitu HP di gunakan untuk bermain game terlalu lama, penggunaan aplikasi streaming dalam waktu lama, pengaturan yang masih belum optimal, faktor lingkungan, kualitas baterai buruk, susah sinyal, dan masih ada banyak lagi.

Dan yang paling parah adalah kalau anda menggunakan HP untuk bermain game atau streaming dalam waktu yang lama dan HP dalam kondisi di charge (charging) serta suhu ruangan anda terbilang panas (>25°C).

Kalau kebiasaan anda seperti itu, maka coba untuk mulai merubah kebiasaan anda. Kecuali anda memang hobi untuk bertandang dan bersilaturahmi ke service centre.

Nah, kalau pemakaian anda tergolong standar saja, tapi HP anda cepat panas, berikut akan kami bagikan tips mengatasi HP cepat panas yang mudah dilakukan sebagai tindakan awal.

Istilahnya P3K, Pertolongan Pertama Pada Ke-HP-an. Simak ulasannya, ya!

Tips Mengatasi HP Cepat Panas yang Mudah

1.  Menggunakan charger yang original atau bawaan pabrik

Menggunakan sembarangan charger justru akan sangat membahayakan baterai dan HP Anda. Bahkan yang demikian ini menjadi faktor utama yang sebabkan HP-mu cepat panas.

Hal tersebut umumnya dikarenakan jumlah arus listrik yang tidak seimbang antara output dari charger dan kebutuhan input dari HP, dimana arus listrik dari charger bisa saja lebih besar atau bahkan lebih kecil daripada arus masukan yang dibutuhkan oleh HP anda.

Seandainya pun tertulis sama, besar kemungkinan komponen listrik di dalamnya berbeda, yang mana bisa menimbulkan ketidak stabilan arus listrik.

Jadi, lebih baik untuk selalu menggunakan charger asli, tetapi jika charger HP Anda rusak belilah charger asli yang baru.

Kalaupun kepepet, mungkin anda bisa menggunakan charger lain untuk sementara, asalkan anda perhatikan Ampere dan Voltase charger tersebut sama dengan yang dimiliki oleh charger asli HP anda.

Untuk sementara ya Guys, bukan untuk seterusnya alias permanen!

2.  Jangan lupa untuk mengecek penggunaan WiFi

Fitur yang satu ini bisa dibilang hampir selalu diaktifkan, apalagi dengan semakin ramahnya koneksi internet di internet yang membuat kita selalu bisa menikmati akses internet melalu WiFi di berbagai tempat.

Jika di bandingkan dengan koneksi provider, tentunya melakukan akses internet melalui WiFi lebih ramah terhadap panas dan baterai.

Hal ini disebabkan karena koneksi jaringan melalui WiFi cenderung lebih stabil dibandingkan koneksi melalui provider jaringan, terutama jika anda berada di ruang tertutup atau berada di gedung tinggi seperti tower perkantoran, apartemen, dan lain sebagainya.

Lalu kenapa saya mengindikasikan WiFi sebagai penyebab HP yang cepat panas?

Ada dua kondisi yang bisa menyebabkan WiFi menjadi dalang mengapa HP anda cepat panas.

a.  Kondisi Pertama

Secara default, setiap pabrikan HP smartphone tentunya membatasi berbagai macam fitur seperti update, laporan Log, beberapa sinkronisasi aplikasi, dan lain sebagainya, agar tidak diproses secara otomatis ketika koneksi anda sedang menggunakan provider jaringan seperti Telkomsel, Indosat, XL, dan lain sebagainya.

Hal tersebut bertujuan agar HP yang anda pakai tidak rakus terhadap kuota provider jaringan, dimana tentunya setiap provider jaringan menentukan batas kuota tertentu (Fair Usage Policy / FUP) kepada anda.

Berbeda dengan provider jaringan, sebagian besar provider WiFi benar – benar memberikan layanan unlimited tanpa adanya batas kuota penggunaan.

Dan ketika HP anda terkoneksi dengan jaringan WiFi, maka segala jenis update yang tertunda akan segera di jalankan secara otomatis!

Jika anda sering melakukan update aplikasi, update report, dan lain sebagainya, tentunya hal ini tidak terlalu signifikan dalam membuat HP anda cepat panas.

Beda kasus kalau ternyata berbagai aplikasi anda sudah lama tidak di update, dan ketika terkoneksi dengan WiFi, maka berbagai aplikasi, report, sinkronisasi, akan saling berebut untuk melakukan update. Dan inilah kondisi yang membuat HP anda cepat panas.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kalau anda memang jarang mengupdate aplikasi di HP anda, maka sebaiknya ubah setting berbagai update tersebut dari otomatis menjadi manual ketika terkoneksi dengan WiFi.

b.  Kondisi Kedua

Kondisi pertama ibarat kata anda jarang melakukan koneksi dengan WiFi, pada kondisi kedua cenderung pada kondisi dimana anda selalu terpapar dengan koneksi WiFi.

Bisa jadi anda selalu mendapatkan akses WiFi di kantor, sekolah, kampus, ataupun di cafe, anda bisa jadi secara tidak sadar selalu mengaktifkan WiFi di HP.

Dan ketika HP anda tidak mendapatkan koneksi WiFi, maka hal tersebut bisa membuat HP anda menjadi cepat panas.

Kenapa bisa begitu?

Karena kalau WiFi di HP anda selalu aktif dan anda sedang tidak terkoneksi dengan jaringan WiFi, maka hal tersebut akan membuat HP anda selalu mencari koneksi WiFi yang tersedia.

Karena proses yang selalu aktif inilah yang mengkonsumsi daya di baterai dan membuat HP anda cepat panas.

Solusinya, selalu matikan WiFi di HP anda ketika anda tidak sedang melakukan akses ke jaringan WiFi.

Jadi baik pada kondisi pertama ataupun kedua, jangan lupa untuk selalu mengecek penggunaan WiFi di HP.

3.  Menon-aktifkan Bluetooth dan GPS

Untuk kedua fitur yang berikut ini memang sangat jarang sekali diperhatikan. Ada banyak pengguna HP yang membiarkan Bluetooth dan GPS tetap aktif padahal sedang dalam posisi tidak digunakan.

Mungkin saat ini sudah jarang yang menggunakan Bluetooth. Saya sendiri pun menggunakan Bluetooth ketika melakukan sinkronisasi HP ke laptop.

Nah hal ini yang kadang membuat kita lupa untuk mematikan Bluetooth di HP.

Selain itu, kalau anda seperti saya yang meletakkan fitur Bluetooth di Quick Access menu, terkadang hal sepele seperti tidak sengaja menekan tombol Bluetooth menyebabkan Bluetooth di HP menjadi selalu aktif.

Berbeda dengan Bluetooth, GPS mungkin lebih sering di gunakan. Entah itu sebagai penunjuk arah, melakukan order ojek online, atau hanya sekedar iseng mengeksplorasi Maps.

Kalau jaringan koneksi atau sinyal anda cukup baik, mungkin GPS tidak akan berimplikasi secara signifikan terhadap panas di HP anda.

Namun ketika jaringan atau sinyal anda sedang tidak baik, maka GPS yang aktif tersebut akan selalu berusaha untuk melakukan update lokasi, yang tentunya akan menguras baterai dan membuat HP anda cepat panas.

Sehingga tidak heran jika HP Anda cepat panas karena kedua fitur tersebut. Kalau memang Bluetooth atau GPS anda aktif saat HP terasa panas, maka matikan kedua fitur tersebut agar prosesnya tidak selalu aktif.

Atau pastikan Anda hanya akan mengaktifkan Bluetooth dan GPS disaat dibutuhkan saja, agar baterai HP anda tidak boros dan tidak cepat panas.

4.  Mengurangi Multitasking

Spesifikasi HP yang saat ini sudah semakin mendewa memang menawarkan performa yang ciamik untuk melakukan multitasking.

Mulai dari membuka social media, browsing, cek email, dan lain sebagainya, Anda bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan mudah dan cepat.

Walaupun smartphone sudah semakin pintar, Anda tetap harus berjaga – jaga ketika melakukan berbagai pekerjaan sekaligus.

Banyaknya aplikasi yang terinstal dan Anda gunakan secara bersamaan, belum lagi adanya aplikasi background yang tetap berjalan, tentu saja akan membuat HP menjadi cepat panas.

5.  Cek selalu kondisi baterai HP Anda

Anda merasa tidak melakukan apa – apa, alias tidak memaksakan HP untuk aktifitas yang berat – berat, tetapi tetap saja HP terasa cepat sekali panasnya.

Kalau kasusnya begitu, maka Anda harus memeriksa kondisi baterai yang ada di HP tersebut.

Umur baterai yang sudah terlalu lama dan kondisi kerusakan karena pemakaian tentu menjadi faktor yang membuat HP menjadi cepat panas.

Hal ini disebabkan karena kinerja baterai yang sudah tidak optimal, sehingga terjadi ketidak seimbangan distribusi arus dari baterai ke berbagai komponen HP dan memicu terbentuknya kalor berlebih di HP anda.

Jadi lebih baik segera ganti baterai yang baru, sehingga HP-mu tidak cepat panas atau kemungkunan terparah bisa membuat komponen lain di HP anda menjadi rusak.

6.  Hapus semua file sampah

Segala file sampah, seperti cache, cookies, history, temporary file,  dan lain sebagainya yang sudah sangat menumpuk di HP Anda, merupakan salah satu penyebab utama HP menjadi cepat panas.

File – file sampah tersebut tentunya akan memberi dampak secara langsung pada CPU dan juga RAM di HP anda untuk memutar otak mengatur file – file tersebut dan mensinkronkan dengan berbagai aplikasi yang ada supaya HP bisa bekerja optimal.

Maka dari itu penting sekali untuk rutin menghapus file dan aplikasi yang sudah tidak diperlukan, serta menghapus cache dan cookies yang sudah menumpuk.

Conclusion

Itulah beberapa tips mengatasi HP cepat panas yang mudah untuk kita lakukan.

Mungkin terlihat sepele dan remeh, namun jangan sampai HP kesayangan kita rusak karena hal – hal yang kita anggap sepele, padahal hal tersebut bisa kita lakukan dengan mudah.

Anda punya tips lain?

Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar di bawah yah!

Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Comment Time!!

avatar
  Subscribe  
Notify of
395