Tips Merawat Baterai HP Agar Tidak Boros

Baterai HP Boros? Berikut Tips Untuk Merawat Baterai Agar Lebih Hemat

Salah satu dilema yang kerap kali dihadapi oleh para pengguna smartphone, khususnya yang ada di Indonesia adalah selain mendapatkan fitur yang katanya mumpuni tetapi faktanya jauh dari hal tersebut.

Bahkan mereka juga harus menerima kenyataan pahit bahwa HP yang dimilikinya ternyata tidak bisa bertahan lama dari segi baterai.

HP yang baru dibeli ternyata mengkonsumsi baterai dengan sangat rakus, sehingga penggunaan HP-nya pun tidak bisa bertahan lama. Salah satu indikasi umum dari kondisi ini yaitu HP akan terasa cepat panas karena adanya konsumsi daya baterai berlebih.

Lalu bagaimana cara menyiasatinya?

Jika anda ingin tahu tips merawat baterai HP agar selalu awet dan tahan lama, sehingga baterai HP-mu tidak cepat habis, Ikuti poin – poin di bawah ini, yuk!

Tips Menghemat Daya Baterai HP Supaya Tidak Boros

Menjaga brightness HP agar tetap rendah

Sebenarnya tips merawat baterai smartphone agar awet dan tahan lama ini mudah sekali, sebab hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga brightness di HP-mu agar tetap rendah.

Mungkin saja sudah ada banyak yang tahu bahwasanya mengurangi intensitas cahaya yang dihasilkan layar HP bisa mengurangi penggunaan baterai secara signifikan.

Sebagai informasi tambahan, bagian layar HP pada dasarnya merupakan komponen HP yang mengkonsumsi baterai paling besar jika dibandingkan dengan komponen yang lain.

Memutuskan koneksi GPS, WiFi, dan Bluetooth yang tidak digunakan

Jika anda saat ini kebetulan tidak sedang di tengah perjalanan, lebih baik matikan terlebih dulu fitur GPS. Ini tentu jadi pilihan yang tepat untuk menjaga agar baterai HP lebih awet dan tahan lama.

Selain jika anda memang sedang tidak menggunakan fitur Bluetooth WiFi, dan fitur lainnya, maka anda perlu mematikannya juga untuk menambah umur baterai.

Fitur seperti GPS, WiFi, dan Bluetooth pada dasarnya menjadi salah satu fitur yang akan selalu mencari sinyal dan device yang ada.

Sehingga jangan heran jika ketiga fitur tersebut cukup menambah beban dari baterai HP anda.

Memanfaatkan fitur Sync di HP secara tepat

Sync adalah fitur di HP berbasis Android yang ternyata tak harus selamanya anda nyalakan. Oleh sebab itu ini menjadi fitur lain yang kiranya tidak membutuhkan aktifitas rutin.

Lebih baik anda menyalakan Sync hanya disaat anda sedang mengcharge saja, sehingga baterai anda tetap awet dan tahan lama.

Lebih memilih pakai WiFi daripada paket data

Penggunaan WiFi nanti akan dapat mengurangi rasa pusingmu terhadap cepatnya baterai yang berkurang.

Kok bisa?

Alasannya, karena penggunaan WiFi sebabkan aktifitas pencarian sinyal internet dari provider yang dilakukan HP-mu juga akan dimatikan otomatis.

Karena sinyal WiFi yang tentunya lebih stabil jika dibandingkan dengan sinyal dari provider mobile, membuat daya yang diperlukan untuk melakukan koneksi ke jaringan WiFi menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan jaringan provider internet mobile.

Dan itu yang menyebabkan daya baterai HP anda akan lebih hemat jika menggunakan WiFi.

Mengunci HP saat tidak digunakan

Cara merawat baterai agar tetap awet lainnya adalah dengan mengunci HP ketika tidak digunakan. Mengunci HP juga membuat sistemnya ada dalam kondisi Sleep sehingga pengkonsumsian baterai pun jadi lebih sedikit.

Non-aktifkan aplikasi atau game yang tidak digunakan

Apabila anda sudah selesai menggunakan suatu aplikasi atau game, jangan lupa untuk mematikan atau menon-aktifkannya. Karena yang demikian ini bisa menghindari konsumsi data yang berlebih dan pastinya juga bisa menghemat baterai anda.

Menjaga HP-mu dari suhu ekstrim

Baterai HP tidak bisa bertahan secara optimal jika ada di suhu lingkungan yang terlalu panas atau pun terlalu dingin. Makanya penting sekali bagi anda untuk tetap mempertahankan HP-mu agar ada di lingkungan dengan suhu ruangan.

Memasang wallpaper hitam

Terakhir, adalah dengan memasangkan wallpaper hitam. Layar HP pada dasarnya jadi salah satu komponen penyumbang penggunaan daya terbesar pada baterai. Dengan mengganti wallpaper HP dengan gambar yang didominasi oleh warna hitam, maka yang demikian ini bisa membuat baterai HP-mu jauh lebih hemat.

Final Words

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips merawat baterai HP supaya tidak boros dan lebih hemat daya.

Apakah anda punya tips lain untuk menghemat baterai HP?

Kalau ada, Share di kolom komentar di bawah yah, supaya teman -teman lain pun bisa merasakan manfaatnya.

Comment Time!!

avatar
  Subscribe  
Notify of
518