Setiap harinya pasti Anda memerlukan internet untuk melakukan pekerjaan atau kebutuhan yang lainnya. Ataupun untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman – teman, melakukan jual beli dan untuk download beberapa video atau file yang penting. Semua yang Anda butuhkan dapat di lakukan dengan cara yang mudah di handphone Android Anda.

Kali ini saya akan membahas tentang mendownload file, untuk mendownload sebuah file dengan ukuran yang besar atau pun kecil, tentunya Anda menginginkan waktu yang cepat, supaya Anda dapat membukannya dengan cepat.

Akan tetapi banyak sekali hambatan yang bisa mengakibatkan proses mendownload file menjadi lebih lama. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena proses tersebut dapat di atasi dengan cara yang mudah.

Beberapa tips berikut bisa dilakukan sebagai cara untuk mempercepat proses download di Android.

Mempercepat Proses Download File di Android

Pilihlah Jaringan Internet yang Bagus dan Tepat

Apabila di daerah sekitar Anda memiliki konektivitas yang bagus, Anda tidak perlu mengubah jaringan internet Anda menjadi 4G LTE, kalau menggunakan jaringan internet 3G masih bisa berjalan dengan stabil.

Walaupun jaringan internet 4G LTE ini memiliki kecepatan konektivitas yang sangat cepat, akan tetapi kalau jaringan internet tersebut tidak bagus dan dirasa lambat, lebih baik coba pindah ke jaringan internet 3G saja, yang kemungkinan besar lebih stabil

Dan saya menyarankan untuk tidak mendownload file dengan menggunakan jaringan internet 2G, karena itu akan memperlambat proses download, dan bisa jadi proses download Anda gagal.

Menggunakan DNS Untuk Meningkatkan Kestabilan

Coba untuk mengubah DNS anda menjadi kombinasi 8.8.8.8 dan 8.8.4.8, atau
1.1.1.1 dan 1.0.0.1. Karena DNS ini umumnya bisa membuat koneksi internet anda lebih ngebut.

Kalaupun tidak, bisa jadi server DNS tersebut overload, sehingga peningkatan kecepatan tidak akan terlihat.

Jika memang anda cukup concern dengan kecepatan, maka anda bisa mencoba menggunakan DNS premium yang tentu saja bisa mengangkat kecepatan internet anda.

Memakai Aplikasi Download Manager

Anda juga bisa menggunakan aplikasi download manager seperti IDM misalnya, yang mana sudah bisa diinstal dari Google Play Store.

Seandainya aplikasi tersebut tetap tidak mempercepat koneksi, setidaknya aplikasi tersebut bisa proses download file secara parsial.

Menggunakan Aplikasi VPN

Aplikasi VPN ini berfungsi untuk mengamankan konektivitas internet Anda, sehingga koneksi internet Anda menjadi lebih stabil.  Tetapi banyak file yang membatasi proses mendownload menggunakan aplikasi ini.

Tapi tidak ada salahnya anda mencoba aplikasi VPN yang gratisan terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat Anda download dengan gratis, dan salah satu aplikasi yang sudah banyak di gunakan yaitu Turbo VPN.

Jangan Mendownload File dengan Jumlah yang Banyak dan Hanya dalam Satu Waktu

Sebenarnya boleh – boleh saja, jika Anda ingin mendownload file dalam satu waktu, tetapi file yang Anda download memiliki ukuran yang kecil.

Mendownload beberapa file sekaligus bisa membuat koneksi internet menjadi lambat, karena bandwidth internet yang tersedia akan terbagi – bagi.

Final Words

Walaupun anda mendapatkan sinyal 4G, belum tentu anda menerima
koneksi jaringan yang stabil. Hal tersebut bisa saja dipengaruhi oleh banyak faktor.

Jarak antara anda dengan tower pemancar, cuaca, alokasi bandwidth untuk area anda, banyaknya pengguna di jaringan yang sama, dan lain sebagainya, merupakan beberapa faktor yang menentukan stabil tidaknya koneksi internet yang anda dapatkan.

Demikian artikel tentang cara mempercepat proses download file di Android yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah infromasi untuk Anda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of