Di era serba digital ini, smartphone menjadi kebutuhan utama Anda. Mulai dari dipergunakan untuk sarana komunikasi, menjelajah internet, berinteraksi pada sosial media, menonton video atau film, mendengarkan musik, gaming, mengolah dokumen, bahkan untuk bekerja.

Terlebih lagi, ada sejumlah vendor smartphone turut memproduksi produk yang menawarkan beragam fitur, spesifikasi, dan harga menarik sehingga fungsinya sangat tepat untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut.

Tapi kadang Anda kurang puas dengan smartphone yang saat ini sedang digunakan karena beberapa faktor. Seperti spesifikasi yang rendah, keterbatasan fitur, sudah terlalu usang, dan faktor lainnya yang membuat Anda ingin membeli smartphone baru.

Tips Sebelum Membeli Ponsel

Sebelum membeli smartphone baru, Anda harus mengetahui smartphone yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Informasi mengenai smartphone dapat Anda peroleh di internet seperti artikel dan video review.

Supaya Anda tidak bingung membeli dan menyesal di kemudian hari, berikut beberapa tips sebelum membeli smartphone baru yang perlu Anda perhatikan.

Pilih Smartphone dengan Chipset Terbaik

Chipset menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih smartphone yang tepat untuk segala aktifitas. Khususnya untuk gaming.

Karena chipset ialah inti dari sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengatur semua aktifitas pada smartphone. Apalagi kini hadir beragam smartphone dengan chipset terbaru dan handal dari brand ternama yang dapat menjadi pilhan tepat bagi Anda.

Banyak produsen chipset dan smartphone bekerja sama untuk menciptakan sebuah smartphone dengan dukungan chipset terbaik. Oleh karenanya, smartphone tersebut mampu memberikan performa yang mengagumkan sehingga cocok digunakan untuk beragam aktifitas.

Pilih Smartphone dengan Chipset Terbaik
Pilih Smartphone dengan Chipset Terbaik

RAM dan Storage yang Mumpuni pada Smartphone

Selain performa, penyimpanan juga menjadi hal yang harus Anda perhatikan. RAM (Random-Access Memory) dan storage menjadi penunjang kinerja maksimal dari suatu smartphone.

Terlebih lagi, kini hadir smartphone dengan RAM berkapasitas sangat besar hingga 16 GB. Karena jika tidak didukung oleh RAM yang mumpuni, maka sistem operasi smartphone tidak akan bekerja dengan cepat.

Ketika Anda ingin menginstall banyak aplikasi, tentu membutuhkan RAM dan storage yang cukup besar. Karena itu, pilihlah smartphone dengan kapasitas penyimpanan besar sehingga tidak ada hambatan dan lancar ketika digunakan.

RAM dan Storage yang Mumpuni pada Smartphone
RAM dan Storage yang Mumpuni pada Smartphone

Semakin RAM besar maka semakin leluasa bagi Anda untuk menggunakan smartphone tersebut. Pasalnya, dengan smartphone yang bekerja multitasking tentu membutuhkan RAM yang besar. Jika tidak maka smartphone itu akan mengalami masalah.

Tetapi Anda juga harus memperhatikan keperluan Anda. Jika Anda tidak suka membuka banyak aplikasi, maka RAM dengan 2 GB juga sudah cukup.

Sebaliknya jika Anda hobi mengakses banyak aplikasi maka diperlukan RAM minimal 2 atau 3 GB. Terlebih lagi bagi Anda yang hobi bermain game di smartphone. Tentu dibutuhkan RAM yang besar.

Pilih Daya Baterai yang Besar

Baterai sangat diperlukan guna menunjang performa smartphone sebagai sumber tenaga. Jika Anda bekerja secara mobile, tentunya Anda membutuhkan smartphone yang disokong oleh sumber tenaga yang besar. Oleh karena itu, pilihlah smartphone dengan kapasitas besar.

Pilih Daya Baterai yang Besar
Pilih Daya Baterai yang Besar

Kira-kira berapa besaran kapasitas baterai yang Anda butuhkan?

Minimal smartphone baru yang menjadi incaran mempunyai baterai berkapasitas sebesar 3.000 mAh. Dengan daya baterai sebesar itu, pengguna dapat leluasa untuk mengoperasikan smartphone lebih lama.

Tampaknya hal ini tidak sulit dilakukan mengingat kini telah hadir beragam smartphone dengan kapasitas baterai besar. Bahkan mencapai 10.000 mAh.

Dan kini banyak smartphone yang memiliki teknologi AI dan software battery management yang dapat menghemat daya tahan baterai.

Selain itu, pertimbangan lainnya ialah smartphone tersebut dibekali dengan fitur pengisian baterai yang cepat atau fast charging atau juga fitur wireless charging.

Pilih Ukuran Layar Smartphone yang Nyaman

Agar aktifitas Anda semakin menyenangkan seperti gaming, menonton video atau film, bekerja dan yang lainnya, ukuran layar smartphone juga harus Anda perhatikan. Oleh karenanya, pilihlah layar smartphone yang berukuran besar.

Di pasaran kini hadir smartphone yang menawarkan ukuran layar cukup besar hingga 6,5 inci sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda melakukan beragam aktifitas menggunakan smartphone.

Pilih Ukuran Layar Smartphone yang Nyaman
Pilih Ukuran Layar Smartphone yang Nyaman

Pilih Ukuran Kamera Terbaik

Trend fotografi dan selfie dengan smartphone memang sedang populer sejak belakangan terakhir. Tentunya hal ini didukung dengan beragam smartphone yang mengusung kamera handal sebagai fitur unggulan.

Ada beragam fitur kamera menarik yang ditawarkan oleh sejumlah smartphone. Seperti mulai dari jumlah lensa kamera, sensor kamera canggih, kamera depan dan belakang beresolusi besar, filter menarik, teknologi AI, dan yang lainnya hadir di dalam sebuah smartphone.

Bagi Anda pecinta fotografi, kini tidak perlu lagi repot untuk membawa kamera professional. Anda cukup mengandalkan sebuah smartphone saja.

Pilih Ukuran Kamera Terbaik
Pilih Ukuran Kamera Terbaik

Pilih Smartphone dengan Desain Modern

Tidak dipungkiri lagi, desain memang menjadi daya tarik sendiri bagi para pengguna smartphone. Sejumlah produsen smartphone menawarkan beragam pilihan desain dengan berbagai material, bobot, dimensi, warna, dan yang lainnya.

Desain noth dan material kaca masih menjadi trend smartphone sekarang ini. Anda dapat memilih desain smartphone yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih Desain Smartphone Modern
Pilih Desain Smartphone Modern

Pilih Smartphone dengan Harga Terbaik

Sesuaikan budget Anda dengan smartphone yang ingin dibeli. Hal ini cukup mudah, mengingat di pasaran kini hadir smartphone yang menawarkan spesfikasi tinggi, namun dengan harga terjangkau.

Pilih Smartphone dengan Harga Terbaik
Pilih Smartphone dengan Harga Terbaik

Sistem Operasi Terbaru

Selanjutnya ialah sistem operasinya (OS). Sudah berbasis di atas Android 7.0 Nougat ke atas atau belum. Hal ini menjadi pertimbangan, karena ada beberapa aplikasi seperti chat Whatsapp, yang sudah menutup bagi Android yang OS-nya berbasis zaman dulu.

Tapi, Anda masih bisa menggunakan ponsel yang OS nya tidak 7.0 Nougat. Asalkan, smartphonenya dapat diupgrade ke Android yang OS nya lebih tinggi atau terbaru.

Aplikasi Browser Android Terbaik Bebas Iklan
Sistem Operasi Untuk Durability Ponsel

Membandingkan dengan Smartphone Lain

Tidak sedikit smartphone yang mengeluarkan produk terbaru dengan berbeda spesifikasi dan vendor yang lain. Misalnya beberapa ponsel memiliki harga sama, tetapi dengan perbedaan spek. Maka Anda harus jeli ketika membeli smartphone baru. Jangan tergiur harga murah tetapi dengan spek yang mengecewakan.

Oleh karena itu, bandingkan dengan produk yang lain. Carilah smartphone yang harganya lebih murah tapi dibekali dengan spesifikasi yang bagus, atau minimal sama di kelasnya. Sebagai bahan perbandingan Anda dapat mencari di internet atau survei ke setiap toko.

OnePlus-7-Pro-vs-Apple-iPhone-XR
Membandingkan Smartphone

Beli Smartphone yang Memiliki Garansi Resmi

Biasanya pada smartphone baru, di dalamnya ada kartu garansi resmi, dan service centre. Sedangkan jika Anda membelinya di black market atau pasar gelap, maka smartphone tersebut tidak memiliki kartu garansi resmi. 

Pastikan Mendapat Garansi Resmi
Pastikan Mendapat Garansi Resmi

Membandingkan dengan Seri Sebelumnya

Smartphone bermerk Samsung dapat dikatakan sebagai smartphone yang mempunyai seri terbanyak. Contohnya Samsung seri Galaxy, dan seri lainnya. Jika Anda teliti antara seri yang tertua sampai dengan termuda atau yang baru saja dikeluarkan, maka mempunyai harga dan spek yang berbeda.

Namun, bukan berarti seri yang baru dikeluarkan secara otomatis dibekali dengan spek yang lebih bagus dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Malah, seri sebelumnya dapat direkomendasikan untuk dibeli daripada yang baru dikeluarkan.

Jadi sebelum Anda membeli smartphone baru, bandingkan terlebih dulu antara seri sebelumnya dengan seri terbaru.

Jika tidak ada perubahan yang mencolok baik itu dapur pacu, RAM, desain, dan yang lainnya, maka lebih baik Anda membeli seri lama yang pasti harganya lebih murah.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of