Berselancar di internet tentu menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan oleh siapa pun. Hanya saja banyak dari kita yang seringkali terkena masalah virus atau hacker yang kemudian berpotensi mengacak data pribadi kita ketika surfing di internet dilakukan.

Karena itu kemudian banyak orang yang berpikir tentang bagaimana ya kira – kira tips surfing website secara aman di internet apapun browsernya?

Nah, sebagai informasi yang inspiratif untuk Anda, berikut kami berikan beberapa tips surfing website secara aman yang perlu untuk diketahui. Check these out Sob!

Tips Surfing Website Secara Aman Apapun Browsernya

Manfaatkan selalu browser yang up to date

Terkadang browser yang jarang diupdate juga bisa menjadi suatu media penyebaran program jahat.

Hal tersebut karena browser dengan versi lama belum mendapatkan suatu tambalan atau patch untuk menjadi celah keamanan oleh para developer browser yang bersangkutan.

Karena itu ada baiknya Anda pastikan selalu memanfaatkan browser versi terbaru karena sudah mendapatkan adanya penambalan di bagian celah keamanannya.

Gunakan selalu anti virus yang memiliki fitur real time protection

Pastikan bahwa anti virus yang Anda gunakan memang sudah memiliki fitur real time protection. Yang dimaksud adalah anti virus tersebut memang mampu terus memberikan perlindungan terhadap komputer dan bekerja secara otomatis dalam berbagai aspek.

Hal ini tentunya sangat diperlukan supaya Anda tetap aman ketika sedang berselancar di internet.

Gunakan juga anti virus original atau Anda juga dapat menggunakan anti virus versi gratis dengan didukung kemampuan yang lumayan baik.

Beberapa anti virus yang direkomendasikan sebagai tips surfing website secara aman untuk browser adalah Avast Free Anti Virus yang juga selama ini banyak penggunanya.

Jangan Anda lupa juga untuk senantiasa secara rutin melakukan update database anti virus supaya komputer Anda bisa jauh lebih aman lagi.

Hindari menggunakan aplikasi downloader dari situs download

Hal ini sering sekali kita temui jika kita punya keinginan untuk mendownload sebuah aplikasi dari berbagai situs sharing file.

Kita lebih dulu nantinya akan dianjurkan untuk mendownload aplikasi downloader yang dibuat dari situs tersebut.

Ciri – ciri dari aplikasi downloader sendiri biasanya memiliki ukuran file yang lebih kecil dari ukuran file aplikasi yang kita inginkan. Karena itu Anda harus tetap waspada.

Karena tentu bisa jadi bahwa aplikasi tersebut sudah disisipi oleh sebuah malware.

Pastikan juga Anda hanya menggunakan aplikasi downloader yang terpercaya. Salah satu contohnya seperti Internet Download Manager.

Jangan Anda buka iklan secara sembarangan

Biasanya jika kita berkunjung pada sebuah situs, kita sering melihat iklan yang bersifat merayu untuk menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan. Ini juga menjadi salah satu masalah jika Anda ceroboh dan membuka iklan yang ada.

Karena bisa jadi iklan tersebut malah iklan yang isinya adalah virus malware atau adware yang sebenarnya bisa merusak data di komputer Anda.

Karena itu dalam membuka iklan dan melihat sumbernya Anda harus berhati – hati dan senantiasalah untuk waspada.

Manfaatkan sistem operasi terbaru

Sama halnya seperti browser, suatu sistem operasi juga perlu diperbarui.

Hal tersebut karena dengan semakin berkembangnya suatu sistem di dunia komputer maka secara otomatis sistem operasi versi lama juga akan meninggalkan celah keamanan.

Sehingga jika anda adalah pengguna OS Windows 7, 8, maupun Windows 10, pastikan OS anda selalu terupdate.

Final Words

Itulah beberapa tips surfing website secara aman untuk browser yang penting Anda perhatikan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of