Cara Mencegah Blue Screen di Windows 10

Cara Mencegah Blue Screen di Windows 10 yang Benar

Sebelum mengetahui cara mencegah blue screen di Windows 10, sudahkah Anda tahu apa yang menjadi penyebab blue screen pada Windows 10 itu sendiri?

Ya, kenyatannya hampir semua pengguna Windows 10 sudah pernah merasakan yang namanya blue screen.

Tetapi demikian, masih ada banyak orang yang tidak tahu penyebab masalah yang sering terjadi ini pada perangkat yang mereka miliki, bahkan bisa dibilang sudah menjadi makanan umum setiap pengguna PC atau laptop.

So, daripada harus berlama – lama lagi langsung saja simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Blue Screen pada Windows 10

Penyebab terjadinya blue screen pada sebuah Windows 10 ini sebetulnya ada banyak sekali, mulai dari masalah pada bagian software hingga hardware.

Blue screen ini akan terjadi pada saat proses Windows 10 tak mencapai tujuan, sehingga mau tidak mau harus dihentikan secara paksa karena perintahnya yang tidak terlaksanakan sebagaimana mestinya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh Windows 10 pada saat itu adalah restart.

Tetapi demikian, penting juga untuk Anda ketahui bahwa pada saat Windows 10 yang Anda miliki menampilkan blue screen, maka secara otomatis Windows 10 akan membuat minidump.

Ini merupakan sebuah file atau data log yang di dalamnya berisikan informasi seputar masalah tersebut, dan akan tersimpan di dalam harddisk Anda.

Tapi, yang jadi pertanyaannya di sini adalah bagaimana jika PC atau laptopmu tiba – tiba restart sendiri pada saat blue screen?

Blue screen pada dasarnya akan terjadi karena adanya kerusakaan, maupun ketidakcocokan hardware dengan sistem, bahkan bisa pula dikarenakan oleh software, perbandingannya ada 70 : 30.

Salah satu cara paling mudahnya bisa Anda lakukan adalah dengan mengeklik kanan pada My Compture – kemudian pilihlah Properties – Advanced System Settings – Startup And & Recovery – Settings – Automatically Restart – Ok.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini adalah cara mencegah blue screen di Windows 10 yang benar harus Anda tahu.

Cara Mencegah Blue Screen di Windows 10

Blue screen memang menjadi sesuatu yang bisa dikatakan paling menakutkan sekali bagi pengguna Windows 10.

Alasannya seperti ini, PC atau laptop Anda tidak bisa digunakan dengan sempurna seperti biasa apabila alami blue screen.

Itu berarti pekerjaan atau pun tugas – tugas yang seharusnya selesai tepat waktu, tentu tidak bisa Anda selesaikan karena terkendala oleh masalah blue screen tersebut.

Sebetulnya Anda bisa kok meminimalisir kejadian blue screen pada Windows 10. Caranya mudah sekali, selengkapnya akan kami informasikan berikut ini.

1.  Backup registry

Pertama – tama, silakan masuk ke menu Start – Run, lalu ketkkan “regedit” jika sudah lanjutkan dengan menekan Enter.

Pilih saja opsi File lalu eksport untuk backup registry. Sangat disarankan sekali agar Anda melakukan backup terlebih dulu menggunakan flashdisk atau removable lainnya.

2.  Menghindari terlalu banyak upgrade

Ya, penting sekali untuk menghindari terlalu banyaknya upgrade di PC atau laptop Anda, sebab kadang kalanya masalah terjadi ketika upgrade.

3.  Menginstal software yang penting – penting saja

Ingat, Anda tidak boleh terlalu banyak instal software di PC atau laptopmu. Sebaiknya instal software yang benar – benar Anda butuhkan dan perlukan saja. Dan sebaiknya bila Anda pakai software khusus saat uninstal.

4.  Low memory

Terakhir, Anda juga disarankan agar tidak membuka yang terlalu banyak program secara bersamaan, terutama untuk program yang berat – berat. Apalagi jika kapasitas RAM di perangkat Anda tidak terlalu besar. Yang demikian ini tidak hanya membuat perangkat Anda melambat, tetapi juga bisa terjadi error.

Final Words

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mencegah blue screen di Windows 10 yang bisa anda lakukan.

Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Comment Time!!

avatar
  Subscribe  
Notify of
511