Cara Mengatasi Windows 10 yang Hang

Cara Mengatasi Windows 10 yang Hang / Freezing

Menggunakan Windows 10 pada dasarnya cukup menyenangkan sekali, karena tidak hanya mudah dalam hal penggunaan saja, namun juga bisa memudahkan pekerjaan anda. Tetapi demikian, penggunaan Windows 10 pastinya tidak akan menyenangkan lagi jika sudah alami hang.

Pernah mengalami masalah hang di perangkat Windows 10 anda? Jika iya, itu artinya anda perlu untuk menyimak cara mengatasi Windows 10 yang hang di bawah ini.

Cara Mengatasi Windows 10 yang Hang

Karena masalah software

Program pada dasarnya menjadi alasan paling umum penyebab shutdown. Jika shutdown system-nya tidak dapat memunculkan layar shutting down dan justru menyangkut di layar peringatan programs need to close, yang demikian tersebut mungkin ada masalah pada bagian software.

Idealnya, Windows 10 akan menampilkan daftar program yang harus ditutup. Sering sekali program ini akan tertutup dengan sendirinya, akan tetapi kadang kalanya sistem tidak memproses lebih jauh.

Yang demikian ini umumnya karena ada program yang masih terbuka dan harus jalankan proses penyimpanan data atau file.

Penting sekali untuk menahan proses shutdown dengan cara mengklik tombol Cancel dan memastikan anda sudah menyimpan semua data atau file di tiap program yang terbuka.

Harus diingat selalu, bahwa anda telah melakukan penyimpanan data sebelum melakukan shutdown.

Tetapi demikian, solusi ini ternyata tak selalu berhasil. Kadang kalanya daftar program yang harus anda tutup akan muncul, tetapi ternyata kosong atau hanya muncul sebentar saja namun perangkat anda tidak mau masuk ke layar shutting down. Ini merupakan tanda kalau software tersebut merupakan penyebab masalahnya.

Setelah mencoba shutdown, silakan anda buka Task Manager dan lihatlah program yang masih berjalan dengan cara melihat penggunaan memori dan deskripsinya.

Anda juga perlu memperbaiki program yang anda ketahui sebagai penyebab utama masalah tersebut.

Software mungkin saja perlu diupgrade atau diinstal ulang. Anda bahkan juga bisa coba mematikan program dengan cara manual menggunakan Task Manager sebelum akhirnya shutdown PC atau laptop anda.

Karena masalah hardware

Jika perangkat anda mengalami hang atau bahkan sama sekali tidak bisa digerakkan a.k.a freezing, biasanya yang demikian tersebut terjadi kalau hardware anda bermasalah.

Silakan lakukan saja Hard Shutdown dengan cara menekan tombol Power selama 5 detik, bila sudah, silakan nyalakan kembali.

Jika ternyata tidak bisa dinyalakan atau hang kembali, itu berarti anda membutuhkan service atau maintenance lebih lanjut.

Karena masalah Page File

Windows 10 pada dasarnya punya fitur Page File, yang berfungsi sebagai penambah RAM di perangkat PC atau laptop anda.

Apabila sistem butuh memori yang lebih dari yang dimilikinya, maka bagian data yang paling jarang dipakai akan ditempatkan ke dalam Page File di dalam hard drive anda.

Kadang kalanya membersihkan Page File ketika  shutdown diaktifkan dilakukan untuk alasan keamanan, sebab Page File bisa jadi celah keamanan karena data yang ada di dalamnya bisa diambil.

Membersihkan Page File ketika shutdown butuh waktu, tetapi bisa menyelesaikan masalah shutdown perangkat anda.

Buka saja regedit.exe kemudian arahkan ke folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SessionManager\MemoryManagement.

Jika sudah, lihat di bagian panel sebelah kanan dan temukan Registry Entry yang bernama ClearPageFileAtShutdown. Jika valuenya 1, maka entry ini aktif dan bisa buat proses shutdown jadi lebih lama.

Klik kanan > Modify > ubah Value jadi 0. Namun harus diingat pula, apabila anda menggunakan PC di kantor, proses pembersihan Page File ini mungkin merupakan kebijakan perusahaan anda.

Sebaiknya bicarakan dengan bagian IT agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Final Words

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi Windows 10 yang hang. Semoga bisa membantu anda yang mungkin sedang jengkel karena masalah tersebut.

Comment Time!!

avatar
  Subscribe  
Notify of
524