Kali ini kami dari infomastah akan membagikan kepada kamu yang menggunakan iPhone mengenai cara menggunakan FaceTime di iPhone. Aplikasi FaceTime adalah aplikasi panggilan audio dan video bawaan yang disediakan oleh Apple pada setiap perangkat iPhone.

Saat ini, setiap orang yang memiliki ponsel pintar sudah bisa melakukan panggilan audio dan video dengan mudah. Hal ini didukung dengan tersedianya berbagai macam aplikasi untuk video call yang bisa didapatkan secara gratis melalui App Store atau Play Store. Aplikasi tersebut diantaranya adalah WhatsApp, LINE, dan Skype. Ketiga aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menghubungkan dua perangkat berbeda untuk bisa saling berkomunikasi melalui panggilan audio ataupun video.

Namun, terkhusus bagi pengguna iDevice, seperti iPhone ternyata juga sudah disediakan sebuah aplikasi khusus yang memang diperuntunkan untuk melakukan panggilan audio dan video. Aplikasi yang dimaksudkan adalah FaceTime, aplikasi ini adalah aplikasi eksklusif yang dihadirkan oleh Apple bagi semua pengguna iDevice. Nah, mungkin kamu adalah salah satu pengguna iPhone dan belum tahu mengenai aplikasi yang satu ini. Berikut akan diberikan ulasan mengenai bagaimana cara menggunakan FaceTime di iPhone agar bisa saling berkomunikasi dengan perangkat iOS lainnya.

cara menggunakan facetime di iphone

Tentang FaceTime

Pengguna perangkat iOS, khususnya iPhone pasti sering melihat aplikasi FaceTime. Namun, sebagian besar banyak yang tidak tahu mengenai fungsi dan bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi ini memang diberikan oleh Apple bagi para pengguna iDevice. Ini berarti jika aplikasi ini tidak terdapat di ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Android, Windows, dll.

FaceTime memungkinkan setiap pengguna iPhone untuk melakukan panggilan video secara gratis. Panggilan video gratis ini bisa dilakukan dengan tersedianya koneksi internet. Fungsi dan fitur yang dimiliki oleh aplikasi FaceTime ini hampir sama dengan yang dimiliki oleh aplikasi populer seperti WhatsApp, LINE dan Skype.

Cara Mengaktifkan FaceTime

Jika kamu pengguna iPhone dan ingin mencoba menggunakan FaceTime untuk menerima panggilan audio atau video maka harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu pada perangkat iOS yang kamu gunakan. Berikut cara mengaktifkan FaceTime di iPhone:

  1. Buka aplikasi FaceTime pada perangkat iPhone yang kamu gunakan dan masukkan ID Apple.
  2. Secara otomatis nomor telepon yang kamu gunakan akan terdaftar di FaceTime sehingga teman kamu bisa menghubungimu di FaceTime melalui nomor telepon tersebut.
  3. Apabila kamu ingin mendaftarkan alamat e-mail kamu untuk FaceTime, silakan masuk ke Pengaturan > FaceTime > Gunakan ID Apple > Masuk ke FaceTime.

Cara Menggunakan FaceTime Di iPhone

Sebagian besar pengguna iPhone mungkin lebih memilih menggunakan fitur video call pada aplikasi lain yang lebih populer dibandingkan menggunakan aplikasi FaceTime yang menjadi bawaan iPhone. Padahal, FaceTime juga menghadirkan fasilitas dan fungsi yang hampir sama. Bagaimana cara menggunakan FaceTime di iPhone? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka aplikasi “Phone” yang ikonya bergambar telepon pada halaman utama iPhone.
  2. Pilih “Contacts” untuk memilih teman yang hendak kamu ajak melakukan panggilan FaceTime, kemudian tekan kontak telepon yang kamu inginkan.
  3. Klik tombol FaceTime yang ada pada kontak telepon yang sudah kamu pilih.
  4. Tunggu selama beberapa saat hingga FaceTime menghubungkan kamu dengan teman yang hendak diajak komunikasi melalui panggilan audio atau video.
  5. Jika teman kamu menjawab panggilan FaceTime yang kamu lakukan, maka kamu akan bisa saling terhubung dan bertatap muka melalui video call dari FaceTime.

Layar utama iPhone akan menampilkan wajah dari teman yang kamu ajak berkomunikasi melalui FaceTime. Terdapat tiga pilihan tombol yang tersedia pada layar iPhone yang kamu miliki ketika telah terhubung melalui FaceTime. 

Tombol yang pertama letaknya paling kiri untuk mengubah penggunaan kamera, apakah menggunakan kamera depan atau kamera belakang. Tombol kedua berada di tengah dan berwarna merah untuk mengakhiri panggila FaceTime. Terakhir tombol yang letaknya berada pada bagian paling kanan dan berbentuk microphone tercoret untuk membisukan panggilan agar lawan bicara tidak mendengar suara kamu.

Nah, itulah sedikit informasi bagi kamu mengenai cara menggunakan FaceTime di iPhone bagi kamu yang masih awam mengenai aplikasi yang satu ini. 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of